Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Kanan dan Kiri

Betapa Islam telah mengatur segalanya dengan sangat sempurna, pas, dan tentu saja berhikmah. Ketika tidur, kita dianjurkan berbaring menyamping ke arah kanan. Mengucapkan basmalah setiap kali memulai pekerjaan. Menggunakan tangan kanan dan tidak berdiri ketika makan dan minum. Mendahulukan kaki kanan ketika memasuki masjid dan mendahulukan kaki kiri ketika memasuki kamar mandi. Menggunakan tangan kiri ketika beristinja. Semuanya tepat dan tentu saja bermakna.

Saudaraku, Rasulullah saw. senantiasa mendahulukan bagian kanan dalam perkara-perkara kemuliaan. Aisyah menjelaskan bahwa tangan kanan Rasulullah saw. dipergunakan dalam bersuci dan makan. Adapun tangan kiri beliau digunakan untuk membersihkan bekas kotoran dari buang hajat dan perkara-perkara najis.

Imam Nawawi berpendapat, “Kaidah syariat yang terus berlaku bahwa segala yang berhubungan dengan kemuliaan dan keindahan dianjurkan untuk memulai dengan sebelah kanan, dan segala yang merupakan kebalikannya dianjurkan memulai dengan sebelah kiri.”

Program
#Pendaftaran Taushiyah http://bit.ly/MemberTN
#Daftar Dompet Dapa http://bit.ly/registrasidapa

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories