Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Warna Air Kencing

"Dulu kita sering diingatkan orangtua, 'Jangan telan biji jeruk, atau hati2 saat makan jambu biji, nanti usus buntu...!!'

Saya pernah diskusi dengan teman yang seorang dokter bedah. Dokter itu menerangkan bahwa dia sering mengoperasi orang yang kena usus buntu. Selama itu pula, belum pernah dia menemukan di dalam usus buntu itu yang namanya biji jeruk, biji jambu, biji cabe.. apalagi biji durian :)

Dokter itu menerangkan pula, bahwa sakit usus buntu terjadi karena kita: KURANG MINUM AIR! Bukan karena makan biji-bijian.

As simple as that? Ya, karena kurang minum air bisa berakibat frekuensi buang air besar/BAB juga berkurang. Frekuensi BAB berkurang, sementara makanan yang kita makan sudah jadi 'sampah' yang siap dibuang, kemudian mampet di usus besar. Akhirnya kotoran tersebut naik, dan masuk ke usus buntu.

Karena sudah berupa kotoran, membusuk, jadilah infeksi. Lalu sel darah putih naik (karena ada infeksi). Makanya kalau ada gejala usus buntu, saat pasien cek darah, kadar sel darah putih/­leukositnya pasti naik dengan tajam.

Jadi, kalau mau terhindar dari usus buntu: banyak minum air putih!! Kotoran di dalam usus buntu akan keluar, di'flushing' oleh air putih.

Sekadar berbagi tips/info dari yang pernah saya dapatkan, tentang warna air seni: ada yang berwarna putih (bening), lalu kuning muda, kuning agak tua, dan kuning tua sekali.
Penjelasannya sebagai berikut:
Warna bening : You are in good shape!
Warna kuning muda: You still Ok, but drink more water.
Warna kuning agak tua: You are being dehidrated! Drink water now!
Warna kuning tua sekali: Warning, your body in danger!!

Kita bisa tahu kita kurang minum dari warna air seni kita.
Mari hidup sehat! Banyak-banyakla­h minum air putih!
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories