Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

KARAKTERISTIK SUAMI DAN ISTRI YANG SHALEH

📆 Sabtu, 7 Sya'ban 1437H / 14 2016

📚 *Tema KELUARGA & TARBIYATUL AULAD*

📝 Pemateri: *Ustzh. DR. Hj. Aan Rohanah, Lc , M.Ag*

📝 *KARAKTERISTIK SUAMI DAN ISTRI YANG SHALEH*

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁 

Keshalehan suami istri dalam membangun keluarga Islami, keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah harus sama. Sehingga visi dan misi yang dimiliki sama2 bertujuan untuk membangun keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

*Karakteristik suami shaleh dan istri shalihah*

Suami sebagai imam dalam keluarga memiliki tanggung jawab yang besar di dunia dan akhirat. Kebahagiaan keluarga banyak ditentukan oleh peran kepemimpinan  suami. Karena itu suami harus menjadi imam yang shaleh.

Demikian juga istri yang menjadi sumber kebahagiaan suami dan menjadi sekolah bagi anak2nya.  Keceriaan suami dan keberhasilan pendidikan anak2 sangat bergantung pada peran ibu. Karena itu  sebagai istri dan sekali gus sebagai ibu harus shalihah.

Allah telah menyebutkan karakteristik yang sama bagi suami shaleh dan istri shalihah di dalam Surat 33, QS Al Ahzab : 35.

ان المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات والقانتين والقانتات والصادقين والصادقات والصابرين والصابرات والخاشعين والخاشعات والمتصدقين والمتصدقات والصائمين والصائمات والحافظين فروجهم  والحافظات والذاكرين الله  كثيرا والذاكرات اعدالله لهم مغفرة واجرا عظيما.

Artinya:
" Sesungguhnya laki2 dan perempuan yang muslim, laki2 dan perempuan yang mukmin, laki2 dan perempuan yang tetap dalam ketaatan, laki2 dan perempuan yang benar, laki2 dan perempuan yang sabar, laki2 dan perempuan yang khusyuk, laki2 dan perempuan yang bersedekah, laki2 dan perempuan yang shaum, laki2 dan perempuan yang menjaga kehormatannya , laki2 dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar". ( QS Al Ahzab : 35 ).

Sebab turunnya ayat ini adalah suatu hari Ummu Salamah berkata kepada Rasulullah SAW. : mengapa kami secara eksplisit tidak disebut dalam alquran sebagaimana kaum laki2  ? Beliau tidak memperhatikan pertanyaan itu sampai suatu hari beliau memanggil diatas mimbar dan bersabda: " Wahai manusia sesungguhnya Allah berfirman
ان المسلمين والمسلملت .........  
sampai akhir ayat ". ( HR. Ahmad " ).
Dengan turunnya ayat ini maka Allah telah mengarahkan suami istri agar memiliki karakter yang sama dalam berkeluarga yaitu karakter orang yang shaleh agar bisa sukses membentuk keluarga yang Islami yang sakinah mawaddah wa rohmah.
Karakter yang harus dimiliki oleh suami shaleh dan istri shalihat yang sudah disebut dalam surat 33 Al Ahzab: 35  itu saling terkait sehingga bisa menjadi pribadi yang shaleh dan Islami yaitu Islam, iman, tunduk, benar ( jujur ), sabar, khusyuk, bersedekah, berpuasa, menjaga kehormatan, dan banyak berzikir kepada Allah.

*Karakteristik Islam* yang disebut dalam ayat itu adalah masuk ke dalam agama Islam disertai tunduk patuh dan mengamalkan syariatnya  dalam kehidupan sehari- hari. Sebagai mana Rasulullah bersabda saat ditanya tentang Islam :

الإسلام ان تشهد ان لا اله الا الله وان محمدا رسول الله وتقيم الصلاة وتؤت الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت ان استطاع اليه سبيلا.  رواه مسلم.

Islam adalah hendaknya kamu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, nabi Muhammad adalah Rasul Allah, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, shaum di bulan romadhan, dan pergi haji ke Baitullah bagi yang mampu (HR Muslim)

_Karakteristik ke 2_ adalah *iman*, Rasulullah bersabda saat ditanya tentang iman , yaitu :

ان تؤمن بالله و ملائكته وكتبه ورسله واليوم الاخر وتؤمن بالقدر خيره وشره . رواه مسلم

Artinya:
" Hendaknya kamu beriman kepada Allah,  para malaikat, kitab- kitab, para Rasul Nya, hari akhir dan takdir yang baik dan yang buruk." ( HR. Muslim )

Bersambung

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

💼 Sebarkan! Raih pahala...

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories