Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

👆🏼📖 Dari Mana Datangnya Keraguan?

✒ Ustadz Oemar Mita, Lc

Ketika menyusuri perjalanan beribadah dan menjalankan ketaatan, sering sekali kita menjumpai keraguan ketika akan melangsungkan kebaikan dan sebaliknya mantap meninggalkan kebaikan di hadapan.

Sebagai contoh, berapa banyak dari kita terkadang akan bersedekah tapi ia tiba tiba terlintas pikiran bahwa memiliki kebutuhan hingga singkat kata, ia pun mengurungkan niat sedekahnya

Sebagaimana pula ketika mata sudah terbuka ditengah malam lalu niat hadir untuk sholat malam tapi mendadak berpikir bahwa esok hari banyak pekerjaan hingga ia pun menutupkan mata kembali dan terlelap

Atau apapun dari segala niat ibadah dan ketaatan lalu tiba tiba ragu melakukannya karena alasan yang tidak prinsip yang sifatnya hanya praduga hingga mengurungkan niat ibadah mulia tersebut untuk mengikuti pilihan hatinya yang ragu

▶ Dari manakah datangnya ragu?

Selalu ragu ketika akan menjalankan ketaatan terkadang muncul dari bisikan syaithan yang menjadi qorin,-pendamping,- bagi manusia sehingga ia selalu luput dari kebaikan.

Ada yang diluputkan dari tholabul ilmi, ada pula yang dilewatkan dari sedekah, bangun malam, berjihad, menikah dan sederet ketaatan lainya

▶ Siapa Qorin ?

Qorin adalah jin yang ditugasi untuk mendampingi setiap manusia dengan tugas menggoda dan menyesatkannya serta membuat ragu-ragu, Karena itu, qorin termasuk setan dari kalangan jin.

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ

"Yang menyertai manusia berkata : "Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh."
(QS. Qaf: 27)

Dalam tafsir Ibn Katsir dinyatakan bahwasanya Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan,

"Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia."
(Tafsir Ibnu Katsir, 7:403)

Rasul bersabda  "Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.

" Para sahabat bertanya, "Termasuk Anda, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab,

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

"Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik."
(HR. Muslim)

▶ Tugas jin Qorin

ما منكم من أحد إلاوقد وكل به قرينه من الجن

"Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin."
(HR. Muslim)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid menjelaskan, "Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah, sebanding dengan kekuatan iman pada disi seseorang."
(Fatawa Islam, tanya jawab, no. 149459)

Lihatlah nasehat indah syaikh Bin Baz dalam fatawa syaikh bin Baz

"Jika was-was muncul dalam diri anda, mintalah perlindungan dari Allah dari setan dan jalani terus apa yang sedang anda lakukan. Dan bulatkanlah tekad sampai si setan itu terpojok, sampai tidak ada celah baginya untuk mempengaruhi anda sebenarnya yang disebabkan sikap lembek anda padanya. Mari kita sama-sama memohon perlindungan dari kejelekan setan dan tipu dayanya. Semoga Allah memberkahi Anda"

📚 Dari Telegram Channel:  @Oemita_Syameela ▶

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories