Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Bergeraklah Walau Malas

Jumat, 24 Januari 2014

Temukanlah Alasan (Untuk Tetap Di Sini)

Kalau sudah paham bahwa setelah mensholihkan/memperbaiki diri langkah berikutnya adalah memperbaiki umat, maka urusan berikutnya hanyalah istiqomah. Menjadi penting, sebab mengurus memperbaiki, dan melindungi umat adalah sama pentingnya dengan ibadah wajib.

Quran ini tidak bisa terbang untuk mengantar makanan kepada si miskin atau tidak bisa berenang sendiri di genangan untuk menolong korban banjir. Quran tidak bisa mencegah aset-aset negara dijual kepada pihak asing. Quran juga tidak bisa mengayunkan senjata untuk melindungi muslim yang ditindas atau membuat proposal model ekonomi untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Dan ingat, Quran juga tidak bisa menyuntikkan obat untuk rakyat yang sakit atau gentayangan mendirikan tenda pernikahan *kode buat jomblo, hehee...*

Pasti ada MANUSIA yang melakukan semua itu. Mengerjakan itu, atau mengoperasikan hal tersebut dengan izin dan kekuatan Allah ta'ala. Dan di sinilah ISTIMEWA dan MEWAH-nya Islam !!!!!

Sistem dan program ini butuh manusia untuk berfungsi dan menjalankannya. Pasti ada orang yang akan berusaha menjalankannya, banyak atau sedikit. Kalau kita tidak mau menjadi bagian yang istimewa itu, Allah akan menghadiahkannya kepada orang lain.

Ingatkah dulu saat SMA atau kuliah kita dengan gagahnya menyeru kepada adik-adik kita? "Kalian adalah ruh baru yang mengalir untuk umat ini !!!" atau "Barangsiapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin, maka dia bukan golonganku". Atau ingatkah kita saat dulu mengajak adik-adik atau teman-teman kita untuk peduli dengan urusan umat?

Kalau hari ini kita menjadi orang yang tidak peduli lagi, manusia macam apa kita? Lelah? Bosan? Atau terlena dengan bahagianya kehidupan rumah tangga dan mengejar karir? Atau sempit dengan penatnya kemiskinan dan sulitnya mencari penghasilan?

Bukankah Allah telah mengingatkan? "Katakanlah, "Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai dari Allah dan rasul-Nya, serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya" (QS At-Taubah: 24)

Saudaraku, carilah alasan agar kau tetap bergerak. Bacalah ayat-ayat yang dulu membuatmu terenyuh. Datangilah lagi saudara-saudara dan pengajian-pengajian yang telah lama kau tinggalkan. Bergeraklah lagi meski kau lelah. Berangkatlah lagi meski kau malas. Berilah pengertian meski keluargamu merengek agar kau tetap tinggal di rumah.

Kau pikir saudara-saudaramu tidak bisa lapar? Tidak butuh penghidupan? Tidak rindu keluarga? Tidak sedih memikirkan orang tua yang renta dan sakit-sakitan? Mereka semua sama dengan kau.

Maka... Jadilah lagi denyut nadi yang menghidupi umat.

Menangislah untuk umat. Atau tangisi dirimu tiap kali tidak mampu memperkuat barisan umat......

"Dan tidak ada (dosa) atas orang-orang yang datang kepadamu agar engkau memberi kendaraan kepada mereka (untuk ikut berperang), lalu engkau berkata, "Aku tidak memperoleh kendaraan untuk membawamu" lalu mereka kembali, sedang mata mereka bercucuran air mata karena sedih, disebabkan mereka tidak memperoleh apa yang akan mereka infakkan (untuk ikut berperang)" (QS AT-Taubah: 92)

Itulah hati tulus, hati remaja yang pernah kau miliki. Semoga kita memilikinya lagi.

*by @marimar
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories