Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Akhlak Baik

سْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ
Assalamu'alıkum Warahmatullahı Wabarakatuh...Ayah Bunda dan Sahabat

~Saudaraku Ƴăηĝ Mulia, Ketahuilah Sesungguhnya Islam adalah Agama ƴăηĝ mengajarkan Akhlak ƴăηĝ luhur dan mulia. Oleh karena itu, banyak dalil al Quran dan As Sunnah ƴăηĝ memerintahkan kita untuk memiliki akhlak ƴăηĝ Mulia dan menjauhi akhlak ƴăηĝ tercela. Demikian pula banyak dalil ƴăηĝ menunjukkan pujian bagi pemilik akhlak baik dan celaan bagi pemilik Akhlak ƴăηĝ buruk. Salah satu Akhlak buruk ƴăηĝ harus dihindari oleh setiap muslim adalah sikap sombong.

Sikap sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Orang ƴăηĝ sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain.

Islam Melarang dan Mencela Sikap Sombong

Allah Ta'ala berfirman,

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ  {18}

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang ƴăηĝ sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman:18)

Haritsah bin Wahb Al Khuzai'i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

"Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk Neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur (sombong)." (HR. Bukhari ).

~Dosa Pertama Iblis

Sebagian salaf menjelaskan  bahwa Dosa pertama kali ƴăηĝ muncul kepada Allah adalah kesombongan. Allah Ta'ala berfirman,
"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat:

"Sujudlah kalian kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir" (QS. Al Baqarah:34)
Smoga Άϑά manfaat'
Wassalam


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories