Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Islam Dapat ...

Mutiara Da'wah:
💥 Islam Dapat Runtuh di Tangan 4⃣ Jenis Manusia

💥 Islam ternyata tidak hanya dapat runtuh oleh musuh-musuhnya, Islam juga bisa tumbang oleh pemeluknya sendiri. Ada 4⃣ jenis pemeluk Islam yang amat sangat berpengaruh terhadap lunturnya Islam.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:" Muhammad bi Al Fdhl menyebutkan: 'Islam akan runtuh di tangan 4 jenis manusia: (1) Manusia yang tidak mengamalkan ilmu, (2) Manusia yang beramal tanpa ilmu (3) Manusia yang tidak beramal jua tidak berilmu (4) Manusia yang menghalangi orang lain menuntut ilmu.'"

Menurut Ibnul Qayyim,

1⃣ Jenis pertama, memiliki ilmu namun tiada beramal, adalah orang yang sangat berbahaya bagi kalangan awam, sebab mereka akan menjadikannya argumentasi dalam setiap perilaku keliru mereka.

2⃣ Jenis kedua, rajin beribadah namun jahil, orang pasti akan berbaik sangka terhadap ibadahnya, terhadap setiap kebajikannya lantas menjadikannnya panutan padahal dia atas kejahilan.

Kedua jenis di atas disebutkan oleh sebagain ulama salaf dalam sebuah ungkapan masyhur: "Jauhilah fitnah orang alim yang jahat dan ahli ibadah yang jahil, sebab fitnah keduanya merupakan fitnah yang paling berbahaya bagi setiap orang".

3⃣ Jenis ketiga, tidak berilmu jua tidak beramal, mereka tak ubahnya seperti binatang liar.

4⃣ Jenis keempat, agen-agen Iblis di muka bumi, mereka adalah orang-orang yang menghalangi manusia dari menimba ilmu dan memperdalam agama, bagi manusia mereka lebih berbahaya ketimbang setan dari kalangan jin, mereka memalingkan hati dari petunjuk Allah dan jalan untuk menggapainya.

📚 (Sumber bacaan: Miftah Daar Assa'adah, Ibnul Qayyim)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories