Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Apa Manfaat Perpaduan Kopi dan Kayu Manis Ala Kerinci, Ini Rincinya...

Berkabar.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempahnya. Karena kekayaan itulah Indonesia kerap dikunjungi oleh negara asing. Rasa dan aroma rempah-rempah yang khas membuat mereka membawa rempah-rempah tersebut ke negaranya.
 
Kerinci, Sungai Penuh Provinsi Jambi salah satu daerah penghasil kopi dan kayu manis di pulau Sumatera.
 
Kopi
Kopi yang paling banyak diproduksi oleh petani adalah jenis kopi Arabika dan kopi Robusta, kopi Arabika menghasilkan jenis kopi terbaik. 
 
Tanaman kopi ini tumbuh di daerah dataran tinggi. Jenis kopi Arabika menjadi buruan banyak orang sehingga kopi Arabika memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari kopi Robusta.
 
Sementara kopi Robusta banyak ditanam oleh petani di daerah dataran rendah, kualitas kopi Robusta yang tidak sebaik kopi Arabika, menjadikan kopi ini biasanya di gunakan sebagai kopi instan atau tepat saji dalam kemasan. 
 
Selain memilih kopi dari jenis dan rasanya tergantung daerah asal penghasilnya.
 
Kayu Manis
Kayu manis disebut juga kulit manis  memiliki nama ilmiah cinnamomum zaylenicum spp. Kayu manis disebut juga cinnamon. Kata cinnamon berasal dari bahasa Yunani yang berarti kayu yang manis. Tak salah memang. Karena kulit dari rempah ini memiliki rasa yang lebih manis 50 kali dari gula.
 
Kayu manis selain digunakan sebagai bumbu dan bahan pembuatan makan. Tanaman kayu manis warna cokelat memiliki aroma harum serta rasa yang manis dan sedikit rasa pedas. 
 
Kayu  manis yang berbentuk bubuk bisa di manfaat kan untuk menambah nikmat rasa kopi. Bubuk kayu manis bisa dicampur dengan bubuk kopi sebelum di sedu.
 
Khasiat dari Perpaduan Kopi dan Kayu Manis
Ketika kayu manis dicampurkan ke dalam minuman kopi, aroma dari ramuan ini akan membuat para pecinta kopi lebih tenang. Rasa pahit kopi akan berkurang dan kayu manis akan mengambil alih dalam memanjakan lidah pencinta kopi. 
 
Kopi yang dicampur kayu manis ala Kerinci Jambi ini memiliki beberapa khasiat. Ramuan ini akan menghangatkan tubuh pecinta kopi di kala dingin. Bisa juga dipakai untuk menurunkan kolestrol, juga untuk meredakan batuk pilek.
 
Ketika pencinta kopi merasa lelah dan stres, ramuan ini patut dicoba. Rasa hangat dan manis akan menyergap lidah pecinta kopi ketika menikmatinya
 
Sehingga memberikan rasa dan aroma yang hebat dari kopi yang kita nikmati.
 
Apa Manfaatnya Minum Kopi Campur Kayu Manis
 
Mungkin kamu pikir aneh menikmati secangkir kopi campur kayu manis di pagi hari. Namun, rempah yang sudah dikenal sejak eksisnya bangsa Mesir Kuno ini ternyata punya manfaat baik yang bisa kamu peroleh jika ditambahkan ke dalam sajian si hitam pahit asam nan pekat tersebut.
 
Rasa Lebih Nikmat
Rempah dari kulit kayu ini memberikan rasa manis alami pada kopi. Jadi kamu bisa lebih hemat menggunakan gula deh.
 
Menekan Rasa Lapar
Kayu manis yang bertemu dengan kopi bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena mengandung zat yang memicu produksi hormon insulin.
 
Memicu Kreativitas
Riset dari Wheeling Jesuit University mengungkapkan, wangi kayu manis meningkatkan kemampuan otak untuk fokus.
 
Melawan Diabetes
Aman bagi penderita penyakit kencing manis, rempah asal Sri Lanka ini bisa jadi pengganti gula dalam setiap sajian.
 
Menyembuhkan Demam
Campurkan saja bubuk kayu manis ke dalam kopi atau teh hangat untuk menyembuhkan tengorokan radang hingga demam yang menyerang.
 
Meningkatkan Energi Tubuh
Jangan kaget jika setelah menegak kopi campur kayu manis kamu jadi merasa lebih berenergi. Sebab, ternyata satu sendok teh kayu manis menyumbang empat gram serat, empat persen zat besi, tiga persen vitamin K, dan 68 persen mangan.
 
Editor: Iwan Iswandi 
Sumber: siginews, ahloo update dan
food-hacks.wonderhowto.com
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories