Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Sampah Emosi

*(Never Let Your Emotions Overpower Your Intelligence)*

By : Didin S Winata

Kita tentunya sudah tidak asing dengan sampah biasa, karena selain dapat di lihat fisiknya, dirasakan dan dapat pula di cium baunya. Namun ada sampah lain yaitu 'sampah emosi' yang tidak dapat dilihat dan di cium baunya namun sama-sama dapat di rasakan keberadaannya. Persamaannya dengan sampah biasa adalah apabila di biarkan sampah ini akan menimbulkan penyakit bahkan lebih dasyat daripada sampah biasa. Sampah biasa terkadang masih dapat di daur ulang, namun bagaimana mendaur ulang sampah emosi ?

Sampah emosi ada dimana-mana, bertebaran di mana-mana sekalipun kita  menyendiri ke hutan belantara, sampah emosi akan tetap mengikuti. Bisa di bayangkan akibatnya kalau sampah emosi ini di biarkan ada dalam tubuh kita. Sakit hati, buruk sangka, dendam, iri, dengki, dll. akan menimbulkan penyakit yang maha dasyat baik penyakit fisik maupun psikis.

Lalu di mana saja 'sampah emosi' ini hadir dan bagaimana cara melepaskan atau menghlangkannya dari diri kita ?

"Sampah emosi" biasanya hadir di sekitar kita ;

1.Media Sosial, sepertinya kita harus membatasi membaca media sosial atau pandai memilih teman di media sosial. Banyak status hujatan, hinaan, adu domba, keluhan, caci maki selalu mampir di halaman facebook kita.

2.Tempat Kerja, Boss yang suka mem 'bully' atau 'Toxic Leader' biasanya suka menguras dan mempermainkan emosi kita. Teman yang iri dan tidak suka temannya maju sering membuat emosi kita terkuras.

3.Komunitas/Organisasi/Sekolah, tidak semua teman di komunitas mempunya misi dan visi sama kita, mengerti akan latar belakang kita, teman yang suka buruk sangka, sinis, meremehkan, merendahkan, cepet tersinggung dan naik darah seringkali menguras dan mempermaikan emosi kita

4.Keluarga, Tidak semua pasangan mempunyai pasangan yang ideal dan sempurna, pasangan yang terlalu cerewet, mengatur, mendikte dan kurang pengertian seringkali membuat emosi kita terkuras habis.

5.Jalanan/Lalu Lintas, Tak bisa di pungkiri jalanan atau lalu lintas sering membuat kita terpancing dan membuat lelah karena emosi kita terganngu.

6.Televisi/Berita Online, Banyak berita yang tidak perlu terkadang menghampiri kita. Membuat kita tegang dan cukup mencuri energi kita bahkan sering menguras emosi kita.

Berikut adalah tips  melepaskan energi negatif yang saya kutip dan tambahkan dari sebuah jurnal "Emotion Journal International"  ;

1. Ambil Nafas dalam-dalam dan buang perlahan-lahan lakukan meditasi ringan, bagi umat muslim tentunya bisa di bantu dengan berziki.

2.Tulis Perasaanmu dalam buku harian, Terkadang orang bisa melepaskan emosi dengan cara menuliskan perasaannya. Tulis dalam buku harian lalu kunci atau beri password agar tidak dibaca orang.

3.Alihkan Emosi, Teknik ini efektif di lakukan, katakan pada dirimu bahwa dirimu akan membuang emosi negatif tadi, semisal "Selamat tinggal rasa kesal, aku tidak mau kau tinggal dalam diriku aku hanya akan membiarkan rasa senang dan bahagia dalam diriku"

4.Olah Raga, berolah raga dan berkeringat di percaya dapat menghilangkan emosi, Martin, dalam sebuah study dari ""Rutgers University"  menemukan bahwa kombinasi meditasi dan latihan aerobik dapat mengurangi depresi, ruminasi dan pikiran negatif.

5.Membanyangkan, ketika dirimu merasan panasnya emosi negatif, bayangkan seolah-olah anda berada di tempat yang dingin dan sejuk, asosiakan dan disosiakan seolah-olah kita berada dan melihat di suatu tempat yang sejuk dan tenang.

6.Berbicara dengan teman, bersilaturahmilah dengan sesama, berbicara dan berbincang dengan orang-orang yang positif, dan tetaplah selalu berada di lingkungan orang yang positif.

7. Senyum, Senyum dan katakan 'hai' atau 'selamat pagi' di percaya dapat menghilangkan emosi negatifmu.

8. Tidur....Tidurlah, mungkin anda lelah...hehehe, tidur tepat waktu dan dalam waktu yang pas dapat membuat tubuh dan pikiranmu segar kembali.

Selamat Mencoba, Semoga selalu positif dan dapat melepaskan emosi negatifmu....

Thanks and Arigatoooooo....

(DSW-motivational trainer|speaker|writer)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories