Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Kain Yang Cacat

Suatu hari, Atha as-Salami, seorang tabi'in yang mulia, menjual kain yang telah ia tenun pada penjual kain di pasar.

Setelah diamati kain tersebut, penjual mengatakan, " Ya Atha, sesungguhnya, kain yang kamu tenun ini cukup bagus, tetapi sayang ada cacatnya sehingga aku tidak bisa membelinya."

Begitu mendengar, Atha termenung lalu menangis.

Melihat hal tersebut, sang penjual kain pun merasa iba, "Biarkanlah aku tetap membeli kainmu dan membayar dengan harga pas."

Atha menjawab, "Wahai sahabatku, engkau menyangka aku menangis disebabkan ada cacat pada kainku?

Ketahuilah, aku menangis sebab aku menyangka bahwa kain yang kubuat selama berbulan-bulan tidak ada cacat, tetapi di mata engkau yang ahli dalam kain, mengatakan kain ini ada cacat.

Begitulah aku menangis pada Allah karena menyangka bahwa ibadah yag telah kulakukan selama bertahun-tahun tidak ada cacatnya.

*BISA JADI, MUNGKIN DI MATA ALLAH, IBADAHKU PENUH CACAT DAN CELA.* Inilah yang menyebabkanku menangis.
*[Dari Kuntum Menjadi Bunga, Ibnu Basyar]*

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories