Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

M Salah

*Mohamed Salah & Nouman Ali Khan*

Karena prestasi Mohamed Salah di lapangan hijau, nama 'Mesir' semakin sering disebut-sebut belakangan ini. Ya, olahragawan ini berasal dari Mesir. Yang sebenarnya, penyebutan nama 'Mesir' ini sudah terjadi sejak lama.

Mengapa Mesir menjadi negeri yang sangat sering disebutkan di Al-Quran? Bahkan melebihi negeri-negeri lainnya. Pertanyaan ini pernah saya ajukan ke berbagai tokoh namun jawabannya kurang memuaskan logika saya dan rasa penasaran saya.

Jujur, saya kepo. Insya Allah ini kepo yang positif.

Sampailah saya bertemu #NoumanAliKhan (NAK) dan menanyakan hal yang sama. Beliau alhamdulillah menjelaskan itu semua dengan panjang-lebar, tanpa merasa jemu atau bosan sedikitpun. Satu lagi, penjelasannya memuaskan logika saya. Semoga beliau selalu disehatkan dan dicerdaskan Allah. Aamiin.

Walaupun berkesempatan 3 hari menemani beliau selama di Jakarta, saya tidak bisa mengajukan pertanyaan seenaknya. Selaku tuan rumah yang baik, saya berusaha memperhatikan timing dan mood beliau sebelum mengajukan pertanyaan.

"Sebagai negeri, #Mesir menjadi negeri yang paling sering disebut di dalam Al-Quran. Mengapa?" Itu pertanyaan pertama saya kepada NAK di sela-sela acara. Bahkan di antara nabi-nabi besar, setahu saya, ada belasan yang pernah menetap atau melewati Mesir.

Mengapa? Karena politik serta pengaruh Firaun. Dan kita semua perlu mempelajarinya. Sungguh-sungguh. Itu jawaban NAK. Lanjutnya, peradaban-peradaban yang muncul kemudian seringkali terpengaruh dan meniru Mesir Kuno. Itu artinya, sekali lagi, kita perlu mempelajari sejarah Firaun dan Mesir Kuno dengan sungguh-sungguh.

Suka atau tidak, kita harus mengakui bahwa Firaun itu sangat kuat, sangat cerdas, berhasil dari segi pembangunan, tapi sangat zalim. Tidak mudah untuk menghadapinya. Bahkan untuk berbicara ke penguasa sekaliber Firaun, sampai diutus dua nabi dalam waktu bersamaan, yaitu Musa dan Harun. Tentunya ini semua sarat dengan hikmah.

NAK mengaku mempelajari sejarah Mesir secara khusus dan serius selama bertahun-tahun. Sebenarnya masih panjang lagi penjelasan NAK soal Mesir. Kapan-kapan kita sambung lagi ya. Doakan saja mudah-mudahan beliau berkenan datang lagi ke Indonesia akhir tahun ini. Aamiin.

_Semoga menjadi inspirasi._

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories