Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

KAYA DAN SHODAQOH


Sumber @berkat_majlis_rasulullah

KAYA DAN SHODAQOH

Kalam Abah Guru Sekumpul Tentang Shodaqoh
Ujar Abah Guru Sekumpul :

"Orang yg sugih itu orang yg banyak bersodaqoh" "Orang pemurah itu kekasih Allah, walaupun dia jahil (bodoh), dan orang bakhil itu musuh Allah walaupun dia alim"
"Orang pemurah disenangi Allah, manusia dan Rasulullah saw, orang bakhil jauh dari Allah, manusia dan tidak disenangi Rasulullah"
"Pemurah buah dari cinta kepada Allah, bakhil buah dari cinta kepada dunia"
"Perangai yg bagus adalah pemurah dan tidak pemarah, itu adalah pembuka hijab"
"Amalan yg pasti diterima : istighfar, menuntut ilmu, membaca sholawat, bersodaqoh"

Sabda Rasulullah saw,

“Sedekah secara sembunyi-sembunyi memadamkan kemurkaan Allah”
Dikisahkan seorang pria muda (sebutlah ia bernama amir) mendengar hadits-hadits dan ayat tentang mulianya bersedekah di jalan Allah, betapa mulianya ber infaq dengan shadaqatussir (sedekah secara sembunyi- sembunyi), sebagaimana hadits Rasul saw “Sedekah dengan sembunyi sembunyi memadamkan kemurkaan Allah”(HR Thabrani dg sanad Hasan).

Maka bangkitlah di hati Amir niat luhur untuk melakukannya, ia merasa telah banyak bermaksiat dan ia merasa ibadah-ibadahnya tak cukup untuk memadamkan kemurkaan Allah swt, dan iapun mulai mengumpulkan hartanya, setiap ia mendapat untung dari pekerjaannya selalu ia sisihkan untuk bersedekah secara sembunyi sembunyi, siang malam ia terus berusaha dengan gigih mengumpulkan uang hingga setahun lamanya, terkumpullah sejumlah uang dinar emas yang cukup banyak jumlahnya.

Malam itu Amir menaruh seluruh uangnya itu dalam kantung besar, lalu ia berpakaian gelap dan penutup wajah hingga tak seorangpun mengenalinya, ia berjalan ditengah malam yang sunyi, tiba-tiba ia melihat seorang wanita yang tertidur di emper jalan,maka ia lemparkan kantong uangnya pada tubuh si wanita, si wanita pun kaget terbangun, dan hanya menyaksikan pria bercadar itu lari terbirit-birit.

Amir membatin dalam hatinya”, “ah”,wanita itu pasti berharap isi kantung itu adalah makanan, namun ,”MASYA ALLAH,”SETUMPUK UANG DINAR?!!..wah.. dia pasti gembira dan mendoakanku..Puji syukur atas Mu Rabbi
.
.
#ppags #sekumpul #abahgurusekumpul #guruzaini
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories