Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Empat Jurus Cepat Hafal Alquran ala Ustadz Adi Hidayat

Halal Lifestyle - Ustadz Adi Hidayat membocorkan empat jurus untuk menghafal Alquran dengan mudah dan cepat. Ia mengajak pengunjung Islamic Book Fair 2018 untuk membangun kedekatan dengan Allah SWT dan Alquran.


Area panggung Islamic Book Fair (IBF) 2018, pada Jumat (20/4) sore hari sejak pukul 16.00 WIB, sudah dipenuhi pengunjung. Mereka antusias untuk menjadi jamaah dalam acara tausiah yang diisi oleh Ustadz Adi Hidayat. Mereka rela berdesak-desakan untuk bisa melihat dan mendengarkan tausiah langsung yang mengusung tema 'Alquran dan Kemanusiaan'.


Di awal tausiah, Ustadz Adi menyinggung soal tema IBF 2018 yaitu 'Meraih Kejayaan Islam Melalui Literasi'. Ia mengajak jamaah untuk menyadari, tidak ada literasi yang paling akurat dan autentik di muka bumi selain Alquran.


Ustad kelahiran Banten itu meyakini jika Alquran merupakan kitab yang berisi pedoman lengkap untuk menjalani kehidupan. Alquran menjelaskan tentang kehidupan mulai dari era Nabi Adam hingga kelak akhir zaman.


Namun masalahnya, Halallovers kadang tidak bisa membuka dan membaca Alquran setiap saat. Nah, jika merasa kerepotan jika harus membuka Alquran terlebih dahulu maka sebaiknya dihafalkan. Sehingga Halallovers juga tetap bisa mengamalkan isi Alquran dengan lebih praktis ditengah kesibukan. 


Namun, ia juga mengakui jika menghafal 30 juz bukanlah perkara mudah. Maka dari itu, dalam kesempatan itu ia membocorkan empat jurus agar bisa lebih cepat menghafal dan memaknai isi Alquran.


 


1. "Yang pertama, kita bangun kedekatan dengan Allah SWT. Caranya bisa dilakukan dengan menambah kualitas dan kuantitas ibadah. Jika biasanya hanya menunaikan shalat wajib, maka coba ditambah dengan menggairahkan sunah," kata Ustad Adi.


2. Kemudian, Ia juga mengajak segenap jamaah untuk memupuk rasa cinta pada Alquran. Menurutnya, rasa cinta akan membuat gairah untuk menghafal semakin menggebu-gebu. Seperti halnya ketika Halallovers tengah dilanda asmara pada seorang hamba. Pasti Anda ingin terus bersamanya dan terus menggali isi hatinya.


3. Selanjutnya membangun kedekatan dengan ayat atau surat yang tengah dihafal.  Jangan terburu-buru ingin menghapalnya. Tapi baca dulu berulang ulang hingga ayat tersebut merasa dekat dengan kehidupan. Seperti halnya Surat Yasin. Banyak yang hapal surat tersebut tanpa berniat menghapalkannya. Tapi hanya karena sering mebacanya saja.


4. "Yang terakhir berdoa," tutup Ustadz Adi sebelum akhirnya bercerita mengenai para penghapal Alquran di Palestina.(Suki)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories