Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Tiga Kengerian dalam Kematian

Kematian menjadi pengingat bagi kita betapa waktu di dunia ini hanya sesaat. Waktu yang sedikit ini jika tidak digunakan untuk segala hal yang bernilai ibadah, maka akan merugilah kita. Ketika mengingat mati, ketakutan menyelimuti karena belum siap menghadapi pengadilan akhirat kelak. Bekal kita belumlah cukup.

Sesungguhnya ada tiga kengerian dalam kematian, yaitu sakratul maut, melihat malaikat maut, dan su`ul khatimah dengan ancaman nerakanya. Semoga kita semua mendapatkan husnul khatimah pada akhir hayat kita.

Qatadah berkata, “Dituturkan kepada kami bahwa orang Mukmin diberi kelapangan di dalam kuburnya seluas 70 dzira’ (hasta) dan dipenuhi dengan hijau-hijauan hingga hari Kiamat tiba.”

Adapun balasan bagi orang kafir adalah Jahanam. Utbah bin Ghazwan meriwayatkan tentang kedalaman Jahanam bahwa Nabi saw. bersabda, “Sungguh, batu besar yang dilempar dari tepi Jahanam dan melayang ke dalamnya selama tujuh puluh tahun, tidak juga mencapai dasarnya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

*DAPA Sahabat Anda dalam Berbagi*

Mari bergabung menjadi salah satu Donatur DAPA

Daftar Dompet Dapa http://bit.ly/registrasidapa

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories