Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

SUSTAINABLE in COMPETITION

Khamaludin, S.T, M.T

Ada pesan menarik yang patut dipersiapkan dari apa yang disampaikan koordinator kopertis wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman, AS, M.Pd. pada sambutannya di Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang dalam rangka Wisuda Sarjana dan Magister ke-42 tahun akademik 2016/2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD - Tangerang - Banten. Pada sambutannya beliau memotivasi mahasiswa wisudawan/wisudawati UNIS bahwa kesuksesan adalah hak setiap orang, bukan hak orang kaya saja, bukan hak anak kota saja, beliau mencontohkan dirinya sebagai anak kampung di kaki gunung Papandayan sekitar 19 km dari kota Garut, namun ia mampu menjadi seorang profesor dan diberi amanah mengkoordinir rektor dari seluruh perguruan tinggi swasta di Jabar dan Banten. 

Mahasiswa lulusan UNIS harus mampu kokoh, tangguh dalam persaingan di era globalitas. Sedikitnya ada 4 hal yang harus dilakukan untuk menghadapi era persaingan tersebut yaitu : communication, collaboration, problem solver dan creative.
 
Pertama : Communication
Komunikasi sangat dibutuhkan untuk membangun relasi dengan pihak lain. Hal ini tidak dipelajari langsung dalam perkuliahan. Banyak orang yang tak begitu pandai, namun karena ia mampu membangun komunikasi dengan orang lain menjadikan dirinya sukses.

Kedua : Collaboration
Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Tidak merasa egois dan menganggap rendah orang lain. Mampu bekerja sama dengan siapa saja dari kalangan manapun dan level apapun akan menjadikannya orang tersebut mampu kokoh dalam persaingan dewasa ini.

Ketiga : Problem Solver
Semakin modern kehidupan ini, masalah yang muncul semakin pelik dan rumit. Siapapun yang ingin mampu bertahan kokoh dalam persaingan maka ia harus mampu menjadi pemecah masalah (problem solver) tanpa menimbulkan masalah baru.

Keempat : Creative
Memiliki daya cipta dan ide-ide baru dalam segala hal akan mampu memberikan alternatif-alternatif yang memudahkan atau efektifitas dan efisien. Inilah kreatifitas yang dibutuhkan dalam menghadapi persaingan di era globalitas yang menuntut akan solusi yang yang cepat.

*Selamat buat para wisudawan/wisudawati UNIS tahun ajaran 2016/2017. Semoga ilmu yang didapatkan di kampus bermanfaat di kemudian hari dan selalu dalam keberkahan. Aamiiiin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories