Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Perjalanan Ippho Right Bersama Yusuf Estes

Bersyukur sekali saya ditakdirkan menemani Syekh #YusufEstes sejak 18 Maret sampai 22 Maret (kecuali 19 Maret). Tepatnya, selama beliau berada di Jakarta dan Balikpapan.

Ceritanya, begitu pulang umrah dan landing di Jakarta, saya langsung menghampiri beliau beserta rombongan di Sunda Kelapa. Terima kasih Pak Bukhari.

Sempat ngopi juga di sebuah kafe. Karena beliau penggemar kopi, saya perkenalkan kopi Toraja kepada beliau. Terus komen beliau, "I don't like it. I LOVE IT." 

Malamnya di Hotel Ayana, saya dimarahin sama Syekh. Pura-pura marah, tepatnya. Begini ceritanya. Kan saya bilang ke beliau, kita sebentar lagi masuk ke sesi tanya-jawab dengan peserta. 

Terus beliau protes, "Harusnya saya yang bertanya, kalian yang menjawab." Ada juga candaan-candaan lainnya. Kami pun tertawa mendengar candaan-candaan beliau. 

Beliau disebut-sebut "Funny Syaikh" karena gemar memasukkan unsur canda dalam ceramahnya. Di satu sisi, beliau seorang ulama internasional yang sangat terkenal dan sangat berpengaruh. 

Saat ini beliau menjalankan televisi "Guide Us TV"yang merupakan televisi dakwah Islam pertama di Amerika, tayang 24 jam. Alhamdulillah, sewaktu di New York, saya pernah mengisi di sana, diundang oleh Imam Shamsi Ali.

Manakala menemani Syekh di Balikpapan, saya minta izin untuk mencium tangan beliau. Tak diizinkan. Sebagai gantinya, beliau malah memeluk dan mendoakan saya. Moment tak terlupakan, masya Allah. 

Yang lebih mengejutkan adalah ketika beliau meminta saya menjadi imam ketika sholat zuhur dan ashar (jamak)! Beliau makmum-nya. Tentu saja saya menolak. Berkali-kali. Tapi beliau bersikeras. Ya Allah, sepanjang sholat saya pun gemetar!

Satu lagi. Dalam sebuah pose foto sesuai arahan beliau, kami melihat ke atas dan pura-pura menunjuk sesuatu. Beliau bilang, dengan pose seperti ini orang akan bertanya-tanya dan kita kelihatan pintar, hehehe. Ada-ada saja.

Begitulah, beliau ini benar-benar hangat dan humoris. Membuat kami tertawa berkali-kali. Beliau juga mengajarkan saya simple game untuk Fathima, anak saya. Maklumlah, beliau sangat berpengalaman soal ini. Punya banyak cucu.

Ketika tampil di acara puncak di Balai Sudirman, beliau hampir kehilangan suara. Sebagai presenter, Mario Irwinsyah sempat menangis pas memanggil dan mempersilakan beliau naik ke panggung. Kalau peserta, jangan ditanya. Terharu. Bertakbir.

"Sembahlah Sang Pencipta, BUKAN ciptaan-Nya," inilah pesan Syekh dalam stikernya. Lalu stiker itu diberikan kepada saya dan langsung saya tempel di mobil. 

Saat makan, beliau tak sungkan-sungkan menyuapkan snack ke mulut kita (panitia). Bahkan saya berkali-kali diminta mencicipi kopi langsung dari cangkir beliau. Masya Allah.

Safari dakwah beliau pun usai di Indonesia, berlanjut ke Malaysia dan Tanzania. Tak terasa, menetes air mata saya ketika melepas beliau di bandara. Saya memeluk beliau erat-erat dan beliau tiada henti mendoakan saya. Ya Allah. 

Semangat berdakwah beliau memang luar biasa. Padahal kakinya sering nyeri dan suaranya kadang hilang. Tidur hanya 3-4 jam saja sehari. Usia pun sudah 74 tahun.

"Demi Allah, apabila Allah menunjuki seorang saja melalui dakwahmu itu lebih baik bagimu daripada kamu memiliki unta-unta merah," HR Bukhari dan Muslim.

Ternyata hadis ini yang menjadi penyemangat bagi beliau. Unta-unta merah zaman dulu mungkin setara dengan Ferrari merah dan Lamborghini kuning. Atau Bentley putih.

Pada akhirnya, kelak kita akan dikumpulkan dengan orang-orang yang kita cintai dan kita bela. Kita doakan ya, semoga beliau selalu sehat, panjang umur, dan dilindungi Allah. Aamiin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories