Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

BELAJAR SUKSES DARI ORANG SUKSES #seri3

10 Kunci Sukses orang Jepang

1. KERJA KERAS
Orang jepang biasa bekerja 2450jam/tahun sangat tinggi dibanding orang Amerika(1957jam/th) atau Perancia(1680jam/th)
Orang Jepang bisa menghasilkan 1 Mobil dlm 9 hari yang di negara lain butuh waktu 47 hari.

2. MALU
Pejabat Jepang langsung mengundurkan diri jika merasa gagal saat bertugas.

3. HIDUP HEMAT
Orang Jepang anti konsumerisme. Supermarket di Jepang ramai pada setengah jam sebelum tutup krn biasa ada potongan harga hingga separuhnya di setengah jam sebelum tutup.

4. LOYALITAS
Orang Jepang biasa bertahan bekerja di satu bidang usaha hingga pensiun.
Tidak mudah tergiur 'tawaran' baru.

5. INOVASI
Orang Jepang pandai memodifikasi produk sehingga diminati masyarakat. Mereka bukan penemu, tp bs merakit dengan sempurna dan makin baik.

6. PANTANG MENYERAH
Jepang negara yang sangat minim sumber daya alam, hampir smw dipasok oleh negara lain, termasuk Indonesia, tapi Jepang tetep semangat melakukan produksi hingga menjaddi negara yang kuat dlm sisi tehnologi dan ekonomi.

7. BUDAYA BACA
Kalo kita ke Jepang naik DENSHA (Kereta listrik) kita akan lihat hampir smw penumpang membaca buku dan koran. Baik anak-anak maupun org dewasa.

8. KERJASAMA KELOMPOK
Kerja individualistis tdk akan di akui di jepang. Keberhasilan suatu pekerjaan biasa disebut keberhasilan tim. Didunia kerja, di kampus smw berkelompok. Budaya 'rin-gi' (musyawarah) adalah budaya kelompok dlm membicarakan keputusan strategis.

9. MANDIRI
Dari anak-anak orang Jepang ssdh belajar Mandiri. Disekolah setiap anak diajarkan untuk membawa smw keperluan sendiri dan bertanggungjawab sendiri atas barang2nya.

10. JAGA TRADISI & MENGHORMATI ORANG TUA
Kemajuan teknologi dan ekonomi  Jepang tdk menghilangkan tradisi dan budayanya.
Budaya minta maaf mjd refleks orang Jepang. Kalo kita naik sepeda lalu tdk sengaja menabrak orang jepang, maka mereka yang akan meminta maaf pada kita.

"Semangat menggapai KESUKSESAN dengan ILMU"

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories