Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Shar-E Bank Muamalat

Saya menggunakan Shar-e sudah hampir 4 bulan tepatnya sejak akhir 2006, dan selama menggunakan applikasi dari Bank Muamalat ini saya cukup puas, baik dari layanan teller di Bank maupun dalam hal integritas dengan jaringan Prima maupun ATM-Bersama.
Sebelum saya memutuskan menggunakan Shar-e saya sudah mencoba beberapa bank konvensional(secara saya) baik negeri maupun swasta cukup puas juga, cuma ada beberapa hal yang mengganjal ketika menggunakan beberapa bank konvensional tersebut, diantaranya:

  • Sytem Bunga, MUI memasukkan bunga bank termasuk kategori RIBA dan ini tidak sesuai dengan keyakinan saya.
  • Adanya biaya administrasi bulanan, yang sering kali biaya administrasinya lebih tinggi dari bunga yang saya dapatkan :( *rata-rata diatas 5.000 IDR
  • Akhir akhir ini pihak bank membuat kesepekatan yang cenderung merugikan KERE seperti saya ini, seperi tidak mendapatkan bunga untuk tabungan dibawah jumlah tertentu, sehingga secara otomatis Tabungan saya di di bank konvensioanal tersebut akan di GEROGOTI secara perlahan lahan oleh biaya administrasi yang tidak sedikit.
  • Dan masih banyak lagi.

Sedangkan kenapa sampai saat ini saya masih ada beberapa rekening di Bank Konvensional dengan berbagai pertimbangan juga, diantaranya:
  • Jaringan yang Lebih luas, setidaknya dibanding Bank Syariah tertentu.
  • Adanya fasilitas yang lebih komplit (ATM, SMS Banking, Internet Banking)
  • Lebih banyak Cabang
Tapi.. semenjak ada Shar-e saya mencoba mencari tahu Googling dan baca di situs resminya di www.shar-e.com akhirnya mempunyai tekad untuk mencobanya..
Dan Benar juga setelah hampir 4 bulan mencoba saya tidak mengalami masalah yang berarti, dan kenapa Shar-e? karena hampir semua fasilitas di Bank Konvensional bisa saya dapatkan di Shar-e ini kecuali untuk beberapa point seperti (Internet Banking, dan Limited Service on SMS Bankingnya)
Alasan mendasar saya menggunakan Shar-e:
  • Bebas Riba
  • Tanpa Biaya Administrasi Bulanan *untuk saldo diatas 100.000 IDR, kalau dibawah itu akan kena biaya administrasi yang cukup terjangkau secara saya 1.000 IDR
  • Jaringan Luas *menggunakan jaringan ATM Bersama dan Prima BC (Gratis untuk penggunaan transaksi tunai)
  • Bisa menabung di Seluruh Kantor Pos di Indonesia yang ada Logo jaringan Shar-e.
  • Bisa tarik tunai di negeri seberang *saat ini baru Malaysia
  • Ada fasilitas SMS Banking *cek saldo saja dan biaya cukup murah (seharga biaya SMS)
  • Bagi Hasil yang kompetitip *bisa dibuktikan kalau bagi hasil jauh lebih memuaskan dibanding bunga bank konvensional.
  • Bisa kirim antar bank yang tergabung jaringan Prima dan ATM Bersama.
Adapun Shar-e saya mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya:
  • SMS Banking belum maksimal, hanya chek saldo saja
  • Dikenakan biaya untuk fasilitas non tunai di jaringan ATM Bersama dan Prima
  • Saldo saya sangat minim di Shar-e ini *ada yang mau DONASI ;)
Itulah sekilas tentang Shar-e secara saya, semoga sedikit sharing ini bisa bermanfaat untuk yang berkepentingan, dan sekali lagi tulisan ini bukan iklan ataupun apa apa…. toh kalau Pihak Shar-e akan memanfaatkan secara demikian, dengan senang hati saya tidak akan menolaknya :D
*Selain Shar-e dari Bank Muamalat, patut dicoba juga layanan BRI Syariah.

Sumber : http://nurudin.jauhari.net/shar-e.jsp
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories