Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

Yuk Mulai Belajar E Commerce

Tahun 2018 boleh dibilang periode emas bagi pelaku e-commerce di Tanah Air. Buktinya, semakin banyak generasi muda yang lebih memilih belanja online ketimbang department store. Mungkin Anda salah satunya. Bisnis online sendiri mempunyai beberapa ragam, seperti Consumer to Consumer (C2C), Business to Consumer (B2C), dan sebagainya.

Trend e-commerce ini membuat Matahari Department Store tergerak untuk membuka bisnis online berupa MatahariMall.com. Disinyalir, Lippo Group telah menginvestasikan 500 juta dolar AS atau setara Rp 6,5 triliun untuk operasional MatahariMall.com selama 2-3 tahun ke depan. Hal ini dinilai membuahkan hasil yang menggembirakan. Di mana MatahariMall.com mengalami pertumbuhan rata-rata 97 persen.

Kita mungkin belum sebesar Matahari dan Lippo Group. Namun tak ada salahnya kalau kita mempelajari kiat-kiat sukses di bisnis online.

Setidaknya ada lima kiat sukses.

_Great Quality_. Untuk memulai dan membesarkan sebuah bisnis, sekalipun itu bisnis online, kita harus selektif dalam memilih produk. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pastikan mutunya bagus. Karena pada akhirnya, yang membuat produk itu terjual terus-menerus dalam jangka panjang adalah mutu, bukan promosi. Sekali lagi, mutu. Setelah itu, mudah untuk dikirim.

_Great Planning_. Di semua bidang, perihal terkait perencanaan perlu dilakukan. Awal-awal, langsung action yah silakan. Namun setelah berjalan, harus ada perencanaan. Tak hanya varian produk tapi juga strategi promosi dan strategi distribusi. Maka harus diatur sedemikian rupa. Belajarlah dari pemain lain agar kita bisa mengantisipasi berbagai masalah. Sebab hal-hal tak diinginkan bisa terjadi kapan saja.

_Great Budgeting_. Salah satu bukti perencanaan yang matang adalah penganggaran dana dengan tepat. Penggunaan dana ini mesti tepat waktunya dan tepat timing-nya. Alokasikan secara hemat tapi tetap efektif untuk pembelian produk, pemasangan iklan, penggajian karyawan, dan pengiriman barang. Tidak cermat dalam penganggaran dana bisa membuat bisnis kita keteteran di tengah jalan.

_Great Promotion_. Agar produk lebih dikenal atau menjadi viral, maka kita harus memaksimalkan aspek promosi. Ya, aspek promosi. Apalagi jika produk kita memiliki banyak kompetitor. Di bisnis online, ada dua jenis promosi yakni gratis dan berbayar. Jujur saja, kita tidak bisa menebak mana yang lebih efektif sampai kita benar-benar mencobanya.

_Great Name_. Ada baiknya kita menggunakan brand yang cocok dengan produk kita. Selanjutnya hindari penggunaan nama yang rumit dan sulit diingat. Kalau sulit diucapkan dan sulit diketik, maka nama itu sulit pula nyantol di benak konsumen, terutama di segmen bawah dan menengah. Tentu beda ceritanya kalau kita punya budget yang besar di mana kita tetap bisa mensosialisasikan nama yang rumit. Untuk urusan nama, make it simple.

*Selamat mencoba!*

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories