Hari ini adalah hasil dari rencana kemarin, masa depan adalah rencana hari ini. Tak ada cerita masa lalu tanpa ada sejarah. Tak ada sejarah jika tak ada yang mencatat dan memberi hikmah bagi generasi yang akan datang.

22 Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir


Assalamuallaikum, semoga bagi pembaca tetap selalu diberikan kesehatan, amin. Dalam informasi sekarang ini dari zonabia akan membahas tentang beberapa khasiat dari surah Al Baqarah, sebenarnya banyak sekali fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan dari surat ini mulai dari
ayat 18, 83, 102, 137, 138, 148, 165, 284-286 ayat terakhir dalam surah Al Baqarah, apabia di baca setiap hari tentu akan memperoleh manfaat yang sangat besar sekali.
Sebelum berlanjut lebih jauh tentang
khasiat surat Al Baqarah , maka lebih baik sedikit membahas tentang surah ini. Surat Al Baqarah yakni surat ke 2 dalam Al Qur’an merupakan surat yang mempunyai jumlah paling banyak dalam Al Qu’ran, karena terdiri dari 286 ayat. Lalu kenapa surat ini dinamakan dengan Al Baqoroh ? karena surah ini memiliki arti yaitu sapi betina, dimana dalam isi kandungan dari ayat 67-74 memiliki kisah tentang menyembelih sapi betina yang sudah di perintahkan Alloh pada Bani Israil, selain itu Al Baqarah juga memiliki arti yaitu Puncak Al-Qur’an , dimana isi kandungan tersebut juga memuat beberapa hukum dan terakhir Al Baqoroh juga memiliki arti yaitu Alif Lam Mim.
Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir
Dalam surat Al Baqarah ayat 284-286 dari ayat ini Alloh telah memuji iman Rasululloh saw berserta kaum mukmin yang sudah meneladani keimanan yang mutlak tanpa adanya rasa ragu sedikit terhadap apa yang telah di turunkan Alloh kepada Rasululloh saw, seperti ayat Al Qur’an, hukum-hukum-Nya, perintah-Nya maupun larangan-Nya, dan juga percaya terhadap semua para nabi utusan Alloh sebelum nabi terakhir kita rasululloh saw. Mereka berkata bahwa : kami telah mendengar semua tuntunan-Mu, Ya Alloh ampuni segala kekurangan kami dan kepada Engkau, kami akan kembali dan mempertanggung jawabkan segala perbuatan kami
Baca Juga : 24 Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari Yang Luar Biasa
Jabir ra mengatakan bahwa : saat ayat 285 turun, jibril kemudian berkata pada rasululloh saw : Alloh telah memujimu serta umatmu, maka minta pada-Nya, pasti diberi, kemudian rasululloh saw meminta yaitu ayat 286 isinya : Alloh tidak akan membebani seseorang melainkan sesusai dari kesanggupanya.
Ayat ini berisi sebab Alloh hanya akan menghisab dalam batas apa yang bisa di kerjakan oleh hamba-Nya, Alloh tidak akan memaksa manusia di luar batas kemampuanya. Maka ia akan menerima semua amal kebaikan serta menanggung siksa hukum dari amal kejahatanya tersebut, jika melanggar karena lupa ataupun ketidak sengajaan, maka Alloh akan mengampuninya.
Rasululloh saw bersabda bahwa : Alloh akan memaafkan bagi umatku tiga hal yaitu lupa, tidak disengaja serta yang dipaksakan kepadanya (HR Ibnu Abi Hatim).
Manfaat Dahsyat Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir
Itulah beberapa penjelasan mengenai ayat 285-286 terakhir dari surat Al Baqarah, berikut ialah manfaat bagi yang mengamalkan surah ini diantaranya :
1. Rasululloh saw pernah bersabda bahwa : Bacalah Al Boqaroh, sebab bagi siapa yang membacanya, maka ia akan memperoleh berkah, dan bagi tidak membacanya maka memperoleh penyesalan, serta para penyihir tidak dapat membacanya (HR Muslim 804)
2. Rasululloh saw juga bersabda bahwa : Jangan kalian menjadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya jika Al Baqarah dibaca dalam rumah, maka syaitan akan lari ketakutan (HR Muslim 780)
3. Nabi Muh saw juga bersabda bahwa ; Bacalah surah dalam Al Qur’an, karena ia akan memberi syafa’af bagi pengamalnya di hari kiamat (HR Muslim I/553).
4. Nabi Muh saw pernah bersabda : Ketika di hari kiamat, Al Qur’an akan di datangkan bersama pembacanya kelak, yang terdepan yakni surah Al Baqarah dengan Ali Imran, kedua surah ini akan menjadi penolong dan membela pengamalnya pada hari kiamat (Al Munawi 1/388).
5. Rasululloh Saw juga bersabda bahwa : Apabila dua ayat terakhir dibacakan, maka tiga malam saitan tidak dapat masuk kerumah kalian, maka bacalah Al Baqarah (Shahihul Jaami’ 1799).
6. Nabi Muh saw pernah bersabda bahwa : Apabila surah ayat terakhir dibaca tiap-tiap malam, maka keduanya telah mencukupinya (HR Muslim 1341).
Yang dimaksud mencukupinya disini ialah dari segala keburukan maupun kejahatan syaitan, urusan dunia maupun akhirat serta mencukupinya dari kebaikan dan pahala.
7. Ibnu Abas ra juga berkata bahwa malaikat jibril berseru : Bergembiralah tentang dua cahaya penerang yang telah diberkan Alloh kepadamu, sebab dua cahaya ini belum pernah diberikan nabi sebelummu ialah Akhir surah Al Baqarah dengan Al Fatihah maka mintalah kepada-Nya, pasti permintaanmu diberi (HR Muslim 806).
8. Al Qadhi ‘Iyadh juga berkata bahwa : Apabila istiqomah membaca dua ayat terakhir dari Al Baqarah, maka ia akan memperoleh pahala besar, sebab isi kandungan tersebut tentang keimanan, penghambaan Alloh, kepasrahan diri serta doa memohon suatu kebaikan di akhirat maupun di dunia (Ikmal Al Mu’allim 3/176).
9. Usaid bin Hudhair pernah bercerita bahwa : ketika aku membaca surah ini dimalam hari, tiba-tiba kuda itu berteriak, aku diam kuda juga ikut diam, lalu aku membaca lagi kuda itu berteriak lagi. Ketika aku melihat ke langit aku melihat cahaya. Kemudian di pagi hari aku bertanya kepada Rasululloh, beliau menjawab itu malaikat turun yang ingin mendengar suaraku (HR Bukhari).
10. Nabi Muh Saw bersabda bahwa : Sesungguhnya segala sesuatu memiliki puncak, puncaknya Al Qur’an yakni Al Baqarah, maka bacalah surah ini, sesungguhnya surah ini ialah doa memohon suatu kebaikan di akhirat maupun di dunia (Ikmal Al Mu’allim 3/176).
11. Usman bin Abi Al ‘Ash pernah bercerita bahwa : Ketika itu rasululloh menjadikanku pemimpi, padahal aku termasuk orang paling muda dari orang-orang yang ingin menemui Rasul dari kaum Tsaqiif, rasululloh pun menjawab : sesunggunya aku mengangkat engkau menjadi pemimpin, karena engkau sudah menghafal surah Al Baqarah (HR Al-Baihaqi)
12. Nabi Muh saw bersabda : Sesungguhnya jika doamu ingin mustajab, maka bacalah salah satu surat ini yaitu Al Baqarah, Thahaa dan Ali Imran, karena ketiga surah tersebut berisi nama Alloh paling agung (Syarh Musykil Al-Atsar)
Kesimpulannya dari hadits diatas adalah :
13. Apabila ayat terakhir Al Baqarah dibaca di dalam rumah, maka 3 malam syaitan tidak dapat memasuki rumah pembacanya.
14. Apabila ayat terakhir Al Baqarah dibaca setiap hari, maka pembacanya akan memperoleh berkah dari Alloh.
15. Apabila ayat terakhir Al Baqarah sebelum tidur, maka akan mendatangkan kebaikan serta di lindungi Alloh kejahatan sihir, seperti santet, teluh, guna-guna, kesurupan dan lainya.
16. Surah ini akan menjadi syafaa’t pagi pembacanya di hari kiamat.
17. Dengan membaca surah ini, maka doa akan lebih mustajab di ijabah Alloh.
18. Akan memperoleh keutamaan besar apabila orang mau membaca, menghafal maupun menghayati dari kedua ayat terakhir dari surah Al Baqarah sebab ayat ini memiliki unsur keimanan, perintah Alloh, kebaikan, serta amal kebaikan di dunia ataupun di akhirat (Faidhul Qadir 6/197)
Baca Juga : 33 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas Setiap Hari Sebelum Tidur
Lalu kapan dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah dibaca ? Menurut beberapa hadits berpendapat bahwa surah ini bagus dibaca ketika sebelum tidur.
Aly berkata bahwa : Apabila tidur namun belum membaca ayat kursi serta penghujung Al Baqarah, maka ia akan rugi, sebab surah ini merupakan perbendaharaan di bawah arsy (Ibn Katsir I/735).
Manfaat Surat Al Baqarah Ayat 137-138
19. Penarik rezeki
20. Untuk keselamatan
21. Memperkuat iman pada Alloh
22. Agar dimudahkan segala urusannya
Manfaat diatas merupakan amalan pribadi dan terbukti khasiatnya yang terpenting adalah ikhlas, istiqomah serta resapi artinya surah tersebut, semoga Alloh selalu mengabulkan doa-doa kita, amin. Sebenarnya surat Al Baqarah memiliki fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang besar sekali, namun sedikit dari banyak orang belum banyak mengetahuinya. Demikian dapat kami sampaikan dari ketik membaca, tentang khasiat maupun manfaat membaca surat Al Baqarah ayat terakhir , terimakasih telah menyempatkan untuk membaca.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Popular Posts

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Blog Archive

Categories